Selasa, 25 Oktober 2011 0 komentar

PENGERTIAN FILSAFAT

Pengertian Filsafat
Filsafat dalam Bahasa Inggris yaitu philosophy, adapun istilah filsafat berasal dari Bahasa Yunani yaitu philosophia, yang terdiri atas dua kata yaitu philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan sophos (hikmah, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, intelegensi). Jadi secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran (love of wisdom). Orangnya disebut filosof yang dalam bahasa Arab disebut failasuf.[1]
Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, kata filsafat memiliki arti yaitu pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya[2].
Beberapa pengertian pokok tentang filsafat menurut kalangan filosof adalah[3]:
1.              Upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas.
2.              Upaya untuk melukiskan hakikat realitas akhir dan dasar serta nyata.
3.              Upaya untuk menentukan batas-batas dan jangkauan pengetahuan : sumbernya, hakikatnya, keabsahannya, dan nilainya.
4.              Penyelidikan kritis atas pengandaian-pengandaian dan pernyataan-pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan.
5.              Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu melihat apa yang anda katakan dan untuk mengatakan apa yang anda lihat.


[1] Prof.Dr. Amsal Bakhtiar, M.A. 2004. Filsafat Ilmu. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta. Hal.4
[2] Ibid. Hal. 5
[3] Lorens Bagus, 1996. Kamus Filsafat. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Hal 242

No Response to "PENGERTIAN FILSAFAT"

Posting Komentar

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.